Sudah berlangganan jalanjalanindonesia via RSS Feed?

Pesona Pantai Cimandala



Mungkin tak banyak yang tahu keberadaan pantai Cimandala. Pantai yang terletak di desa Cipendeuy , kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi ini memang masih terbilang “perawan” dari serbuan para pelancong. Jarak tempuh yang jauh dan sulit dilewati oleh kendaraan menjadi salah satu alasan mengapa pantai Cimandala masih menjadi salah satu private beach yang ada di selatan pulau Jawa. Tetapi, hal tersebut menjadikan pantai Cimandala masih terjaga keelokannya. Butiran pasir putih dan ditemani ribuan kerang di sepanjang pesisir pantai semakin membuat deburan ombak menjadi sangat indah dipandang mata.

Kurang dari satu kilometer dari pantai Cimandala, menjadi saat-saat yang sangat istimewa buat saya. Dengan melewati hamparan sawah hijau, saya mencoba untuk mempercepat langkah kaki agar dengan segera berada di pantai Cimandala. Perjalanan yang menghabiskan waktu kurang lebih satu setengah jam dari Desa Cipendeuy menuju pantai Cimandala menjadi tidak melelahkan setibanya di sana.

Waktu menunjukkan pukul 16.32 WIB saat saya melihat jam yang ada handphone saya, tepat di saat itulah saya ingin waktu berhenti sejenak. Di saat itulah saya merasa tak ingin waktu cepat berlalu, agar senantiasa tak berpisah dengan apa yang sedang saya rasakan. Duduk memandang ke arah lautan lepas sembari bermain dengan pasir mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang membosankan, tetapi tidak bagi saya. Ada sesuatu yang membuat saya takjub dengan apa yang telah saya lihat dah rasakan, sesuatu yang mungkin tidak akan saya dapatkan di tempat lain, walaupun berada di pantai lain.





Hari yang semakin gelap membuat perut saya keroncongan. Mengingat, terakhir saya makan adalah saat sarapan, setelah itu tak ada sepotong rotipun yang hinggap di perut saya. Dengan segera saya mengeluarkan peralatan makan yang berada di tas. Semangkok mie instan dan teh manis hangat menjadi menu saya malam itu. Tak terlalu mewah memang, tetapi setidaknya mampu menahan perut saya dari rasa lapar.

Semakin malam, angin semakin bertiup dengan kencang. Walaupun masih ingin berlama-lama berada di sana, tetapi lelah yang dirasakan oleh tubuh tak bisa dihilangkan. Ribuan bintang yang tersebar di langit menemani saya melangkahkan kaki menghilang dari pantai Cimandala, pantai yang memberikan saya begitu banyak kesenangan jiwa dan raga. Esok, lusa atau entah kapan, ingin rasanya kembali ke tempat ini. Tak usah dengan siapa, tak usah harus berbuat apa, sendiri kembali dan duduk di atas bentangan pasir dan melihat deburan ombak menyapa. Dengan begitu, Semua hal yang saya rindukan dari pantai ini akan kembali menyala.

21 comments:

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

wah baru denger nih ada pantai cimandala.
kalo dari nangor buat ke sana kira2 berapa jam?

jalanjalanindonesia mengatakan...

@indah: Pantai ini emang enak banget. Bisa bikin rileks deh kalo berada di pantai ini. Makanya jalanjalanindonesia pilih tempat ini untuk dimunculkan karena segelimpang kelebihan pantai ini.

Nangor? apa itu nangor? whahahahah...
kalau dari JAtinangor butuh waktu sekitar 7 jam perjalanan ke arah selatan. Kedengarannya lama ya? tapi percaya deh perjalanan ga bakal terasa lama karena bisa sambil menikmati pemandangan yang keren banget! worthed lah...

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

tapi kenapa ya ada pantai sebagus itu, cuman jarang didengar oleh orang ya? apa pemerintah kurang promosi?
saya aja baru dgr. apa saya yang pengetahuan dalam dunia kepantaiannya kurang ya? whahahhaha

Nayaaaaa mengatakan...

Baguss bangettt baguss bangettttt....
Subhannallah........
semoga bisa cepet kesanna jugaa.....

Thankss to JalanJalanIndonesia ;)

The Little Snacks mengatakan...

lha kok penulis makan mie ? disana tak ada yang jualan makanan kah ? ikan bakar atau apa gitu ?

jadi kalau kita kesana harus bawa bekal sendiri ya ?
bgmn dengan

pantainya indah yaa masih berpasir putih :D dekat sama area persawahan lagi :D berarti nilai plus dari pantai ini juga area persawahan sebelum ke pantai ini ya ?

jalanjalanindonesia mengatakan...

@indah tri novita ; emang bener pantai ini kurang terkenal, dan pemerintah setempat pun kurang memperhatikan. mungkin karena pemerintah sibuk ngurusin sembako atau BBM kali..hehehe...

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

cocok nih buat visit indonesia 2009, payah ya pemerintah ga jeli. mereka sibuk ngurusin pemilu presiden aja nih!

jalanjalanindonesia mengatakan...

@ditta ; makan mie karena jalanjalanindonesia pd waktu itu bawa bekal mie, bwtngehemat biaya juga..hehehe...
emang salahsatu nilai plus dari pantai ini masih mempunyai areal persawahan..

jalanjalanindonesia mengatakan...

@indah ; mungkin ajah, mereka terlalu sibuk dengan urusan kantor mereka, sehingga tempat2 objek wisata terabaikan..natr kalau tempat ini di klaim bangsa asing mereka baru panik!!!heheheh...
*piss buat pemerintah..

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

tim jalanjalanindonesia di sana berapa lama? nginep dimana?

goro mengatakan...

gw lebih suka pangumbahan..
ada penyu nya seh..
tapi cimandala juga boleeh laah....
:P

diah mengatakan...

@ goro? kenapa lebih suka pangumbahan? *maaf, pertanyaan pribadi. hahaha

@ buat semuanya, yah, pemerintah kan nggak cuma ngurusin hal2 yang beginian aja. masih banyak yang lain. tapi menurut saya sih, mendingan tidak dijadikan obyek wisata, supaya bisa terjaga keindahannya dan kebersihannya. hehehe. bagus banget ini pantainya....

how to get therenya mana?

Anonim mengatakan...

ada penginepan ga disana, paling ga tempat berteduh??
ato emang masih perawan banget nih pantai ??

diah mengatakan...

eh, cibuaya dong diulas.
warna airnya bagus. dan udah ada penginepan. :D
alternatif buat yang mau jalan2..

goro mengatakan...

@diah : karena pasirnya pangumbahan lebih bersih. *cuma itu kok,hahahahhaa*

sastri mengatakan...

bisa snorkling tidaak? :D

ipul mengatakan...

pantai lagi pantai lagi pantai lagi..

jalanjalanindonesia mengatakan...

@ipul: Iya, karena memang kawasan Nusantara kita lebih dominan dengan pantai dan wisata baharinya. Alasan lainnya karena wilayah ini memang yang paling luas dari seluruh wilayah Nusantara. Tapi tenang aja, nanti JalanJalanIndonesia juga akan membahas berbagai tempat wisata yang tidak hanya bertema pantai atau bahari. Tetapi juga wilayah Indonesia lainnya termasuk juga budayanya. Tunggu aja ya!

jalanjalanindonesia mengatakan...

@sastri: hmm..sayangnya keadaan pantai ini ga cocok untuk snorkling. Karena ombak pantai selatan cukup deras dan dapat menggangu pandangan kita saat didalam air. Disini juga masih banyak karangnya loh. jadi JalanJalanIndonesia tidak menyarankan untuk melakukan snorkling di tempat ini.

berkuk mengatakan...

kl cimandala dengan ujung genteng deketan ga? soalnya aku pernah ke ujung genteng,,,

Anonim mengatakan...

Pantai Cimandala terletak di sebelah mana pantai palangpang?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di jalanjalanIndonesia

 

----foto orang ga jelas----