Sudah berlangganan jalanjalanindonesia via RSS Feed?

Sepaket Keindahan Tegalbuleud, Sukabumi

Pesona keindahan pantai selatan pulau Jawa memang tidak ada habisnya. Sebut saja Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Parangtritis, dan sebutkan apa saja pantai di selatan Jawa. Saya yakin tidak ada satu pun pantai yang tidak indah disana. Ada satu lagi pantai yang menarik yang harus Anda kunjungi, namanya pantai Tegalbuleud, Sukabumi.
Pantai ini bisa dibilang sangat unik. Selain karena dipantai ini bisa banyak kita jumpai penyu-penyu yang bertelur, pantai ini juga memiliki bukit pasir yang hanya muncul di saat-saat tertentu saja. Bukit pasir ini menutup aliran sungai Cikaso yang biasanya mengalir langsung ke laut. Walhasil, kita bisa menikmati pemandangan laut selatan Jawa yang eksotis dan teduhnya sungai Cikaso saat membelah hutan Cikaso disaat bersamaan. Datang ke pantai ini saat liburan musim panas adalah pilihan yang tepat. Karena pada bulan-bulan tersebut bukit pasir masih membumbung tinggi di muara sungai.


Anda bisa memilih sendiri jalur perjalanan yang diinginkan. Mau lewat jalur darat, sungai atau laut. Begitu banyaknya jalur yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat ini membuat Tegalbuleud selalu menarik walaupun sudah berkali-kali datang ke tempat ini. Bila ingin melalui jalur darat, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda dari Cianjur menuju arah Sukabumi selatan atau ke arah pantai Ujung Genteng. Sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan yang asri khas pedesaan. Jika memang tema perjalanan Anda adalah laut, Anda bisa menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Ratu dan terus menyusur pantai ke arah timur. Sepanjang pelayaran Anda dapat melihat berbagai pantai-pantai indah lainnya yang berada di kawasan hutan lindung. Satu hal yang harus Anda ingat, semua pantai yang Anda lihat disana masih ‘perawan’ alias belum terjamah oleh manusia.

Nah, satu jalur perjalanan lagi yang bisa Anda lalui adalah lewat jalur sungai. Sebenarnya melewati jalur sungai ini merupakan jalur yang biasa digunakan oleh pelancong. Dengan menyewa kapal yang dimiliki warga sekitar sungai, kita bisa menuju ke Tegalbuleud. Hmm..menurut saya perjalanan melalui jalur sungai ini adalah yang paling menarik dan lengkap rasanya. Selama sekitar satu jam perjalanan, kita dapat menikmati perahu yang melaju dialiran sungai yang tenang. Selain itu pemandangan hutan disekitar dengan kekayaan flora dan faunanya juga dapa kita saksikan. Ups, jangan lupa bilang kepada pengendara kapal motor untuk mengunjungi Curug Cikaso sebelum menuju ke Tegalbuleud. ‘Curug’ merupakan bahasa Sunda yang berarti air terjun. Jadi Curug Cikaso merupakan air terjun berketinggian sekitar 30 meter yang juga layak untuk Anda kunjungi.



Bila Anda sudah sampai ditempat tujuan langsung rasakan berada tepat di puncak bukit pasir tersebut. Menghadap ke selatan, Pemandangan laut selatan telah bersiap Anda nikmati. Jjika beruntung, hamparan penyu-penyu yang merangkak di bibir pantai untuk bertelur bisa menjadi pemandangan yang menyenangkan. Dalam sehari, bisa ratusan penyu yang datang ke pantai ini dan bertelur disini, dan setiap penyu mengeluarkan ratusan telur. Bayangkan saja berapa banyak telur penyu yang berada di pantai ini. Bila Anda memang tertarik untuk merasakan seperti apa rasa telur penyu, Anda bisa membelinya di rumah makan-rumah makan yang berada disekitar kawasan ini. Tenang saja, telur yang diperjualbelikan ditempat ini adalah legal alias memang untuk dijual. Karena telur penyu yang dijual di tempat ini bukan merupakan jenis penyu yang sudah terancam punah dan dilindungi.



Lalu balikkan arah tubuh Anda kebelakang, menghadap kea rah utara. Pemandangan sungai berarus tenang bersama para nelayan dan pagang (semacam jala ikan dalam istilah nelayan setempat)-nya membuat pikiran rileks seperti menikmati karya lukis realis karya pelukis ternama. Disaat petang, sungai memantulkan cahaya matahari yang indah.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk merasakan berbagai makanan laut di rumah makan setempat dengan harga yang sangat murah!

18 comments:

noli mengatakan...

emang juara ini tempat...
jd pengen kesana lg deh!!!
heeeeee..

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

foto2nya ditambah dong!
biar kita yang blom pernah kesana ikut ngeliat keindahan pantainya.. hehe

jalanjalanindonesia mengatakan...

@indah: terimakasih sarannya ya Indah. jalanjalanindonesia memang berniat buat tambah foto. Tapi nanti efeknya Anda dan pengakses jalanjalanindonesia lainnya butuh waktu lama untuk loading ke blog kami. Bukannya malah jadi bete ya kalo waktu yang digunakan terlalu lama untuk buka satu halaman situs?

Tapi nanati kita akan bikin satu album khusus yang bisa dikases di blog jalanjalanindonesia oke? tunggu aja...

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

hmm sebenernya nunggu loading yang lama gak akan jadi masalah ketika blog yang sudah terbuka memberikan kita ilmu2 baru. hehhee.

iya buat album khusus ide bagus tuh! bagi kita yang gak punya waktu atau ga punya duit kan jadinya bisa terobati dengan melihat blog anda. :D

2cool4u mengatakan...

iya neh, setuju deh kalo fotonya ditambah..
biar gw bisa tahu lbh bnyk ttg lokasi ini, krna gw udah ngelewatin kesempatan utk ke sukabumi tahun lalu.. *lho kok jadi curhat??*

yang kalian paparkan disini gw rasa masih kurang bkin orang-orang tertarik utk ksini., tulisan terlalu padat dgn jarak spasi 1, akan bkin org males utk membacanya deh.. serius.. ehehhehee.. *sotoy*

naenae mengatakan...

eh ini ada musiknya juga yah?!
gw rasa musiknya ga cocok ama informasi yg disampaikan.. kalo bisa mah yg menggambarkan suasana pantai gitu, biar seru :D

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

itu fotonya pas magrib doang, pas pagi2 ada gak foto2nya? pengen liat dongg

diah mengatakan...

yah sayang, belum sempet ke sana waktu KKN.
masih seberapa jauh dari jalan utama surade?
kalo lewat rute air tu naek perahu lewat muara yang berjembatan bukan sih? *nggak tau namanya apa.
tapi nyewa perahunya bukannya cukup mahal ya?

naenae mengatakan...

diah jgn curhad donk!

deliciooouuusss mengatakan...

waaah, pantaiiii...
usah lama rasanya ga jalan-jalan ke pantai.. hmmm
-fitri

jalanjalanindonesia mengatakan...

@2cool4u: Untuk foto JalanJalanIndonesia sudah buat slide tersendiri di bagian kanan halaman blog ini yang merangkum semua tempat yang sudah pernah JalanJalanIndonesia datangi. Terima kasih atas saran mengenai format tampilan JalanJalanIndonesia, kita akan berusaha tampilkan yang lebih baik lagi.

@fitri: hmmm..semoga dengan mengakses JalanJalanIndonesia jadi meningkat keinginan Anda untuk menjelajahi Nusantara.

muzzt mengatakan...

quw oarang tegal buleud asli yang kuliah di bandung..
kalo anda pengen kesana perlu pembingbing..hubungi saya.
gratissss

Anonim mengatakan...

@muzzt : aq lagi berencana mau main ke sana. minta kontak kamu dong??

mau minta info penginapan di daerah sana. bisa email aq ga?
kiki_garinggng@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

:((
jadi pengen kesana lagi!!!
bener2 keajaiban alam... seumur2 baru liat laut dengan muara dipotong sama bukit pasir (udah kaya digurun pasir aja tuh...ampe bisa maen perosotan di pasirnya... mantap)sorenya maen di sungai pake perahu nelayan dikayuh ke pagang yang ada di tengah... udah cape,, abis shalat magrib makan kepiting rebus, ikan bakar sama nasi pulen...

Al Bahri mengatakan...

Lihat juga ke arah Barat Tegal Buleud, ada tempat Ziarahnya juga lho....Eyang Cakra Buana!!!!Tegal Buleud pengalaman menajubkan....

lukisanmega mengatakan...

2012 Tegalbuleud dalam tahap pembangunan. investor patungan dr china dan indo akan mengolah pasirnya jd bijih besi dlm skala besar! fenomena bugel dan bedah bugel msh ada, tp kedepannya saya tidak tau akan sprti apa tegalbuleud? apakah alamnya msh indah atau akan musnah direnggut limbah? entahlah. . .

Anonim mengatakan...

Kalau ke Tegalbuleud lewat jalur sungai, mulai perjalanannya dari mana?
Saya dapat undangan dari mantan Camat Tegalbuleud untuk ikut bedah bugel pada tanggal 20 September 2013, mudah-mudahan mengasikan.

Unknown mengatakan...

Miris banget liat tegalbuleud yg sekarang :(

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di jalanjalanIndonesia

 

----foto orang ga jelas----